Selasa, 11 Desember 2018

DESTINASI GUA 1

1. GUA GONG

Hasil gambar untuk gua gong

Gua Gong terletak di pesisir di panai selatan pulau Jawa, tepatnya di dusun Pule, Desa Bomo Kecamatan Punung, Kab. Pacitan, kurang lebih 37 km, arah barat dari kota Pacitan. Gua ini dikelilingi oleh sederetan gunung kapur diantaranya :
- Sebelah utara Gunung Manyar
- Sebelah timur Gunung Gede
- Sebelah selatan Gunung Karang Pulut
- Sebelah barat Gunung Grugah.




Gua Gong tidak bisa dielakan lagi tentang keindahan, keasrian,keunikan dan ukir-ukiran alami yang ada di dalamnya. Bahkan keindahan dari gua gong diakui sebagai salah satu gua yang terindah se Asia Tenggara, dengan keunikan stalaknit dan stalaktitnya. Anda pasti akan merasa heran,kagum dikarenakan seakan-akan kita masuk ke dunia baru. anda akan memasuki lorong gua sepanjang 256 meter. 

Diujung lorong, anda akan menemukan alasan kenapa Gua Gong disebut sebagai gua terindah se Asia Tenggara. Sebuah ruangan yang membentuk kubah raksasa sepanjang 100 m, dengan lebar 15 hingga 40 meter dan ketinggian antara 20-30 meter akan membuat anda berdecak kagum.

Ruang pertama yang sudah penuh dengan ukiran alami itu, seakan-akan anda disambut dengan ucapan selamat datang. Pintu alami nan abadi seakan-akan mengajak anda untuk memasuki keruang kedua dengan ukuran yang sangat luas, disana ada beberapa sendang dan semacam kamar mandi alami. 
Hasil gambar untuk gua gong

Hasil gambar untuk gua gong

PEMBERIAN NAMA GUA GONG

Pemberian nama Gua Gong ini berhubungan erat dengan salah satu nama perangkat gamelan Jawa. Konon pada saat-saat tertentu, digunung yang ada guanya tersebut sering terdengar bunyi-bunyian dari mahkluk halus seperti gamelan Jawa,reog,terbangan bahkan suara tangisan orang yang sangat memilukan. Karena itu orang-orang dahulu memberi nama gunung yang ada guany itu adalah gunung Gong-gongan. Oleh karena itu sampai saat ini gua yang berada digunung tersebut diberi nama Gua Gong.

APA YANG DITEMUKAN DALAM GUA GONG ?

Jika anda berkunjung ke Gua Gong, begitu masuk dari mulut gua anda akan menemukan stalaktit dan stalakmit dengan aneka bentuk dan ukuran menghiasi seluruh penjuru ruangan. Beberapa diantaranya bahkan diberi nama karena untuk mengabadikan keindahannya, seperti Selo Jengger Bumi, Selo Pakuan Bomo,Selo Bantaran Angin,Selo Citro Cipto Agung,Selo Adi Citro Buwono, dan lain sebagainya.
Gambar terkait

Hasil gambar untuk selo jengger bumi

Untuk menikmati dan menjelajahi seluruh lorong dan bagian dalam gua anda memerlukan waktu 2 jam. Namun waktu tersebut akan terasa singkat ketika anda berjalan sambil menikmati kemegahan dari gua ini.

Anda tidak perlu khawatir ketika menelusuri gua ini, karena pemerintah kabupaten sebagai pengelola telah menambah prasarana di dalam gua seperti tangga,pagar pengaman,penerangan dan kipas serta sirkulasi udara untuk menambah kenyamanan pengunjun. Walau demikian anda harus tetap berhati-hati karena licinnya tangga yang disebabkan kelembaban serta tetesan air dari batu stalaktit ditambah kemiringan tangga yang cukup curam.

RUTE MENUJU GUA GONG

Rute untuk menuju gua gong sangatlah mudah, baik dari arah barat maupun arah timur Pacitan, anda mencari pertigaan Punung, di pertigaan Punung sudah terdapat papan petunjuk arah dari Gua Gong dan Pantai Klayar, karena Gua Gong dan Pantai Klayar searah.

HARGA TIKET MASUK GUA GONG

Untuk harga tiket masuk per Desember 2018 adalah :
- Untuk Dewasa : Rp. 15.000,-
- Untuk Anak : Rp. 5.000,-
- Parkir Rp.10.000,-